Rabu, 05 November 2014

Apa Itu Mesin Laser Cutting ?



Kali saya akan membahas tentang apa itu Laser Cutting ? bisa berfungsi sebagai apa saja sinar laser itu ? Laser merupakan singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, yang merupakan alat untuk memancarkan radiasi elektromagnetik. Biasanya dalam bentuk cahaya yang tidak dapat dilihat maupun dapat dilihat dengan mata normal. 
BS 1490 ( 140 cm x 90 cm)


Laser Cutting merupakan teknologi yang menggunakan pancaran sinar laser untuk memotong material yg diinginkan dan biasanya diaplikasikan pada industri manufaktur. Laser cutting bekerja dengan cara mengarahkan pancaran sinar laser berkekuatan tinggi untuk memotong material dan digunakan komputer untuk mengarahkannya.

Selain laser cutting, juga ada Laser Engraving. Laser Engraving adalah aktivitas laser yang digunakan untuk mengikis permukaan material, sehingga tulisan/gambar/foto dapat tampak pada permukaan material tersebut. Laser Engraving juga dapat membantu kita membuat bermacam – macam benda. Prinsip kerja dari mesin laser engraving mirip dengan mengukir. Dimana sinar panas laser digunakan untuk mengikis atau membuang bagian – bagian permukaan material. Dikarenakan fungsinya hanya untuk mengukir, maka Laser Engraving tidak dapat menghasilkan warna – warna. Yang dihasilkan biasanya hanya bekas – bekas pembakaran yaitu hanya warna gosong akibat panas. Kontras dari hasil proses Laser Engraving sangat bergantung pada jenis – jenis material dan besar kekuatan dari sinar laser yang digunakan. Semakin besar kekuatannya, maka hasil sinar laser akan semakin gosong. Material yang mudah gosong seperti kayu, kulit, dan MDF.

 Dan yang ketiga, ada Mesin Laser Marking. Laser Marking sedikit berbeda dengan laser engraving tetapi tetap menggunakan sinar laser. Mesin Laser Marking merupakan peralatan yang banyak digunakan untuk menandai logam dan permukaan non – logam. Marking bisa menjadi logo perusahaan yang dirancang dengan huruf , pola numerik / bentuk grafis . Ini membedakan suatu perusahaan dari orang lain . Menandai juga membuat Anda lebih maju dari perusahaan pesaing Anda . Pelanggan biasanya mengenali perusahaan dengan logo atau tanda mereka . Penandaan adalah cara cepat dan mudah untuk mengidentifikasi antara produk lainnya. Selain itu, Laser Marking adalah sebuah  sistem yanag sekarang banyak  digunakan di seluruh dunia untuk berbagai aplikasi industri termasuk pemotongan , tanda, stamping , embossing dan ukiran . Melalui laser menandai tanda yang sangat tepat dapat dibuat . Komputer dibantu menandai sistem laser menggunakan software sistem khusus . Yang cukup sofisticated . Hasil jauh lebih baik daripada konvensional menandai . Menandai melalui mesin menandai terbaru sekarang dibuat sederhana.

BS 9060 (90 cm x 60 cm)



Menandai juga dibuat mudah dengan alat-alat seperti menandai menandai perangko, blok , pukulan dan mati . Penandaan alat seperti stensil , alat ukiran , alat stamping dan alat embossing menciptakan permanen – permanen dengan rapi , jelas dan tepat menandai. Kami memiliki berbagai macam peralatan mesin dan alat-alat tangan . Alat dapat dibuat sesuai kebutuhan Anda.

            Demikian beberapa informasi yang dapat saya sampaikan, semoga menambah info bagi para pembaca dan bila ada salah penyampaian atau salah kata sesama manusia mohon dimaafkan.

1 komentar:

  1. Boleh juga gan infonya... :D

    Mampir juga di Blog saya ni:
    mesincncrouter.blogspot.com

    BalasHapus