Rabu, 05 November 2014

Manfaat Dari Menggunakan Mesin Laser Cutting



Pada jaman sekarang ini laser tidak hanya digunakan untuk persentasi saja, tetapi juga dipakai di bidang kedokteran, industri, dll seperti mesin Laser Cutting ini. Mesin Laser Cutting yang digunakan untuk industri sudah dirancang untuk mengonsentrasikan jumlah energi yang sangat tinggi ke tempat yang kecil. Biasanya sinar Laser Cutting berdiameter kurang lebih sekitar 0,003-0,006 inci ketika menggunakan laser dengan panjang gelombang pendek.   

            Memotong dengan menggunakan mesin Laser Cutting akan terlihat pada permukaan material yang dipotong akan terlihat mengkilap dengan goresan – goresan halus akibat dari perlakuan sinar laser. Berbeda dengan dipotong menggunakan cutter atau mesin potong biasa, permukaan bekas potongnya akan terlihat kusam. Itu material yang digunakan adalah akrilik.


Selain itu juga dapat memegangi pekerjaan dengan lebih mudah. Memiliki kemampuan untuk melakukan pemotongan dalam batas toleransi yang sangat konsisten dan luar biasa. Selain itu juga memiliki kecepatan pemotongan yang sangat tinggi, kualitas pemotongan menggunakan Laser Cutting juga sangat unggul. Sinar laser sangat fleksibel yang memungkinkan untuk cepat changeover. Penggunaan Laser Cutting juga dapat menurunkan resiko cedera dibandingkan dengan metode pemotongan mekanis yang lainnya.


Energi panas yang dihasilkan oleh laser mencair, atau menguapkan bahan di daerah pengerjaan dan gas (atau campuran) seperti oksigen, CO2, nitrogen, atau helium digunakan untuk membuang bahan yang menguap yang keluar dari goresan. Energi cahaya yang diterapkan langsung tempat yang membutuhkan, meminimalkan panas zona di sekitar area yang dipotong.

Laser Cutting bekerja dengan mengarahkan output dari laser dengan daya yang tinggi. Bahan akan mencair, menguap, atau tertiup oleh jet gas, meninggalkan tepi dengan finishing permukaan yang berkualitas tinggi. Sehingga mekanismenya sangat fleksibel dan cepat.


            Laser Drilling tidak berbeda jauh dengan Laser Cutting, Laser Drilling mengebor dengan laser dengan akurat dan tingkat presisi maksimum dan juga waktu pengerjaan yang sangat cepat. Selain itu juga ada laser engraving. Laser ini digunakan untuk mengukir atau menandai objek. Laser berfungsi untuk memfokuskan seberkas cahaya.

            Seiring kualitas hasil akhirnya, pastinya harga mesin  LaserCutting jauh lebih mahal dibandingkan dengan cutter biasa. Begitu pun bagi kita yang belum punya kesanggupan untuk membeli mesin Laser Cutting  tersebut, maka menggunakan jasa potong oleh mesin laser cutting diatas dikenakan harga yang juga berbeda.


            Demikianlah artikel tentang manfaat - manfaat menggunakan mesin Laser Cutting, semoga bermanfaat bagi para pembacanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar