Rabu, 05 November 2014

Tips - Tips Penggunaan Mesin Laser Cutting



Sebelum anda memakai mesin Laser Cutting, pastikan dulu kebutuhan yang aka digunakan. Selalu ada keterbatasan keterbatasan di dalam hal teknis, ini yang harus pembaca pegang dan ketahui sebelum menggunakan mesin laser cutting ini.

Pembaca harus tahu berapa besar kemampuan power yang pembaca butuhkan untuk aplikasi yang anda mau. Memotong sebuah akrilik 3mm berbeda kebutuhannya dengan memotong kayu dengan ketebalan yang sama persis. Aplikasi utama yang digunakan apa ? grafir secara kasar atau ingin memotong ? memotong dengan tingkatan presisi yang baik atau tidak ? semua itu akan membawa pembaca ke pilihan mesin dan aplikasi yang berbeda – beda.

Tidak lupa, pembaca juga harus mempersiapkan kebutuhan – kebutuhan daya listrik untuk mesin laser cutting di tempat kerja anda sebelum mesin akan digunakan. Anda akan perlu pekerjaan perpipaan untuk menghisap asap, debu, dan bau. Berapa temperatur ruangan yang ideal supaya mesin LaserCutting  ini bisa bekerja secara sangat optimal ? berapa tingkat kelembapan yang diijinkan ? seberapa besar tempat yang harus dipersiapkan ? pertanyaan yang terakhir dikususkan untuk yang berpendingin udara.

Perlu untuk diingat, biasanya kebutuhan daya untuk mesin laser ini akan lebih besar dari daya untuk mesin lasernya sendiri. Perlu dipastikan anda mendapatkan data teknisnya dahulu. Jadi perlu dipersiapkan apakah cukup listrik 1 fase ? atau listrik 3 fase ? apakah mesinnya berpendingin cairan atau udara ? dan ini perlu diperhatikan, karena berpengaruh pada desain ruangannya. Karena untuk berpendingin air, harus dilakukan pengurasan secara teratur. 

Apakah pembaca sudah mempunyai instalasi kelistrikan grounding yang memadai ? ayolah, anda berani berinvestasi mesin seharga ratusan juta, tetapi menghemat sekian juta untuk proteksinya ? apakah saya dan pembaca bicara soal investasi untuk usaha atau mesin untuk sekedar hobi ? 

Hal – hal tersebut baiknya anda telusuri dulu sebelum anda membeli atau menggunakan mesin laser tersebut. Merek yang anda beli punya purna jual yang baik di indonesia tidak ? mereka punya stock spare part tidak ? ataukah spare part nya di kanibali dari mesin lain tidak ?  

Ya, sampai sini saja info tips – tips penggunaan mesin Laser Cutting, kiranya pertanyaan – pertanyaan di atas sudah bisa anda jawab, berarti pembaca bisa mulai menggunakan atau membeli mesin laser cutting tersebut. Dan bila ada salah kata, mohon sesama manusia yang tidak sempurna mohon dimaafkan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar